Menampilkan Peta Dasar dari Portal BIG di ArcGIS Portal atau ArcGIS Online

13169
1
04-26-2017 09:21 PM
SuriatiSuriati
New Contributor III
0 1 13.2K

Pemerintah Indonesia melalui BIG (Badan Informasi Geospasial) telah menyediakan berbagai peta yang dapat digunakan oleh masyarakat, mulai dari peta dasar hingga tematik. Tentunya akan lebih menarik bila kita bisa menggabungkan atau menambahkan layer dari peta yang telah disediakan BIG ke dalam webmap kita sendiri.

Berbeda dengan dahulu ketika kita harus mengunduh peta yang kita inginkan berupa file kemudian diintegrasikan dengan layer-layer kita yang lain, kini dengan Portal for ArcGIS maupun ArcGIS Online, kita dapat dengan mudah menggabungkan data-data yang kita miliki dengan peta dasar yang disediakan BIG, misal berupa peta RBI (Peta Rupabumi Indonesia) atau mosaik citra satelit LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), tanpa proses mengunduh. Kemudian kita dapat membagikan (share) webmap tersebut kepada publik atau orang-orang di organisasi kita masing-masing.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Log In ke dalam akun ArcGIS Online atau Portal ArcGIS. Buat webmap baru dan tambahkan layer-layer data milik kita sendiri.
  2. Buka Portal BIG (tanahair.indonesia.go.id) dan temukan peta dasar yang diinginkan. Peta-peta dasar yang disediakan BIG ada di menu Galeri. Silakan pilih dan buka link peta yang dimaksud, misalnya Peta Rupabumi 1:250.000
  3. Salin link REST service peta tersebut dan tambahkan layer dari web di webmap kita sendiri. Ketika menambahkan layer ke webmap kita, jangan lupa untuk mencentang pilihan use as a basemap.
  4. Lihat hasilnya kemudian save dan share webmap tersebut. Sebelum kita save, tentunya kita bisa mengubah tampilan dan urutan layer-layer di map kita agar lebih menarik.

            Dengan cara yang sama, kita bisa menampilkan berbagai peta dasar yang diterbitkan BIG untuk keperluan-keperluan pemetaan kita. Silakan mencoba!

by Lusiana Suwandi


1 Comment