Cache Tiling Untuk di Portal for ArcGIS / ArcGIS Online

757
0
05-30-2017 02:26 AM
SuriatiSuriati
New Contributor III
0 0 757

Apakah Anda merasa kecepatan tampilan peta Anda di web map cukup lama? Pada dasarnya, setiap layer yang Anda tambahkan di peta digambarkan secara dinamis (dynamic). Artinya, setiap kali Anda melakukan zoom in atau zoom out peta Anda, layer tersebut akan digambarkan ulang. Itulah mengapa bila koneksi internet Anda lambat, maka tampilan peta tersebut akan terasa lebih lambat.

 

Salah satu cara untuk meningkatkan kecepatan tampilan peta Anda adalah dengan menggunakan fitur cache tiling di ArcGIS. Dengan cache tile, layer vektor Anda akan dikonversi menjadi raster dan disimpan untuk setiap level zoom yang Anda tentukan, sehingga setiap kali Anda menampilkan peta di web map, layer Anda tidak digambar ulang (static). Untuk layer-layer peta yang bersifat peta dasar (misal jalan, guna lahan, POI) yang tidak akan diedit secara langsung di web map, cache tiling ini akan sangat membantu untuk meningkatkan kecepatan tampilan peta.

 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat cache tiling peta yang dapat langsung dipublish di Portal maupun ArcGIS Online.

 

  1.       Buka ArcGIS Desktop dan siapkan layer-layer yang akan dibuat cache tile-nya. Pastikan layer-layer ini adalah layer yang nantinya bersifat statis atau tidak perlu diedit di web map.
  2.       Di bagian service properties saat Anda mempublikasikan map service, buka tab Caching dan aktifkan opsi Using tiles from a cache. Anda juga bisa menentukan zoom level maksimum dan minimum untuk cache tile tersebut. Publish map service tersebut dan pastikan berjalan di Server Manager.
  3.       Add layer map service tersebut di web map yang sudah Anda buat di Portal atau ArcGIS Online. Bila Anda ingin menjadikan cache tiles Anda sebagai basemap, Anda tinggal mencentang pilihan add as a basemap ketika Anda hendak memasukkan layer tersebut.
  4.       Save peta tersebut dan share! Bandingkan hasilnya dengan layer peta bila digambar secara dinamis.

by Lusiana Suwandi